CIRI- CIRI ORANG YANG BERSIH HATINYA


Muraqabatullah, merasa dekat dengan Allah.
ألا لله الدين الخالص والذين اتخذوا من دونه أولياء ما نعبدهم إلا ليقربونا إلى الله زلفى إن الله يحكم بينهم في ما هم فيه يختلفون إن الله لا يهدي من هو كاذب كفار
Ingatlah, hanya kepunyaan Allah-lah agama yang bersih (dari syirik). Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah (berkata): "Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya". Sesungguhnya Allah akan memutuskan di antara mereka tentang apa yang mereka berselisih padanya. Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang pendusta dan sangat ingkar.
(QS Az-Zumar 003)

Mau menerima masukan, mudah tersentuh oleh nasihat.
إنما المؤمنون الذين إذا ذكر الله وجلت قلوبهم وإذا تليت عليهم ءاياته زادتهم إيمانا وعلى ربهم يتوكلون
" Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal. "
(QS Al-Anfal 8: 2)

" wa 'ala rabbihim yatawakkalun "/ hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakal.
وقال موسى ياقوم إن كنتم ءامنتم بالله فعليه توكلوا إن كنتم مسلمين
           Berkata Musa: "Hai kaumku, jika kamu beriman kepada Allah, maka bertawakkallah kepada-Nya saja, jika kamu benar-benar orang yang berserah diri." 
(QS Yunus 84)

Bisa mengendalikan diri. Memiliki kecerdasan emosional yang tinggi. Contoh: jika sedang marah maka diam, jika tetap marah maka wudhu dan jika tetap marah maka shalat.
واصبر فإن الله لا يضيع أجر المحسنين
Dan  bersabarlah, karena sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat kebaikan.
(QS Hud 115)

Al-afina / memaafkan kesalahan orang lain,  membalas keburukan dengan kebaikan, apalagi dengan kebaikan akan dibalas dengan yang lebih baik.  Tanpa harus menunggu orang yang berbuat salah meminta maaf.
إن تبدوا خيرا أو تخفوه أو تعفوا عن سوء فإن الله كان عفوا قديرا
Jika kamu melahirkan sesuatu kebaikan atau menyembunyikan atau memaafkan sesuatu kesalahan (orang lain), maka sesungguhnya Allah Maha Pema`af lagi Maha Kuasa.
(QS Anisaa 149)

Sensitif terhadap dosa.  Cepat istighfar.
والذين إذا فعلوا فاحشة أو ظلموا أنفسهم ذكروا الله فاستغفروا لذنوبهم ومن يغفر الذنوب إلا الله ولم يصروا على ما فعلوا وهم يعلمون
Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.
(QS Ali Imran: 135)
(Bisa cekidot ayat lain  klik disini )


Suka berlomba-lomba dalam kebaikan / kebajikan.
ولكل وجهة هو موليها فاستبقوا الخيرات أين ما تكونوا يأت بكم الله جميعا إن الله على كل شيء قدير
Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berloma-lomba lah (dalam membuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.
(Al-Baqarah 148)

Comments

Berikunya

Untukmu Wahai Istriku Surat Dari Suami Yang Keluar Di Jalan Allah SWT

Sejenak tentang ringkasan rata-rata umur manusia untuk beribadah

Macam & Jenis Penyakit Hati / Sifat Buruk - Iri Hati, Dengki, Hasut, Fitnah, Buruk Sangka, dan Khianat - Definisi & Pengertian PENYAKIT HATI

10 Kesalahan Suami Terhadap Isteri

:: WAKTU MUDA , WAKTU UTAMA BERAMAL SHOLEH :::